Semarak Hari kemerdekaan Malaysia di kota Bintulu Serawak

Nature

Semarak Hari kemerdekaan Malaysia di kota Bintulu Serawak

Rabu, 23 Agustus 2023, Agustus 23, 2023

Faktaliputan.com - Bintulu Malaysia 23 Agustus 2023.
Hari kemerdekaan Malaysia yang jatuh pada tanggal 31 Agustus 2023 ditandai dengan naiknya bendera Malaysia di seluruh bagian Negara Malaysia. Tak terkecuali di kota Bintulu yang berada di Negara bagian Serawak Malaysia. 
Namun ada pemandangan menarik apabila kuta memperhatikan dengan teliti yaitu bendera Serawak yang berdiri sejajar dengan bendera Malaysia itu sendiri. 

Di pusat pemerintahan, Pusat perbelanjaan, toko-toko dari besar sampai yang kecil semuanya akan memasang bendera tersebut sejajar. Seperti yang ada pada tempat cuci baju (laundry) Bendera Malaysia ini dipasang sejajar dengan bendera serawak walaupun serawak itu sendiri merupakan negara bagian dari Malaysia. 

Menurut Rina pegawai di Laundry " pemandangan seperti ini akan terlihat sekitar 2 minggu sebelum dan sesudah hari jadi Malaysia". 

Bergeser lebih jauh ke pusat perbelanjaan yang ada di kota bintulu yaitu Shopping complex mall. Pemandangan didalam mall pun sama dengan area di sekitar kota bintulu yaitu bendera Malaysia dan 
Serawak dipasang berdampingan. 

Kemudian kita bergeser lagi ke Greens hotel dimana tempat saya menginap untuk beberapa hari. Saya kemudian bertanya kesalah seorang narasumber yaitu pegawai hotel yang bernama Ahmad bagian front office. Dia menjelaskan " Bendera serawak adalah bendera untuk Negri serawak saja yang hanya boleh dipakai di Negara bagian Serawak Malaysia dan tidak bisa dikibarkan di 
Negara bagian Selangor Malaysia".

Dia pun menjelaskan disetiap gedung pemerintahan, hotel-hotel dan tempat publik lainnya wajib memasang foto Raja dan Ratu Malaysia, Perdana mentri Malaysia beserta Premier / walikota.

(Capt. Arqam Bakri, M.Mar)

TerPopuler