Edy Rahmayadi Soft Launching RSU Medan

Nature

Edy Rahmayadi Soft Launching RSU Medan

Rabu, 16 Agustus 2023, Agustus 16, 2023

Deli Serdang * faktaliputan.com
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi gelar soft launching penggunaan tower pertama Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan. Ini merupakan salah satu wujud prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut terhadap kesehatan rakyat.
Tower pertama dengan 174 tempat tidur tersebut telah dibangun sejak 2022. Saat ini, progress pembangunan sudah mencapai sekitar 90%. Karena itu, sudah tiga lantai yang sudah bisa digunakan atau beroperasi. Ditargetkan pada November 2023, tower satu ini sudah rampung 100%. 

Edy juga menargetkan ada lima tower yang akan terbangun nantinya. Sehingga RSU Haji Medan benar-benar menjadi pilihan masyarakat Sumut berobat, ketimbang ke luar negeri. "Ini kita butuh saudara-saudaraku, karena ini niat kita bersama, kita pastikan kita ada untuk rakyat Sumut," katanya saat soft launching tower  pertama RSU Haji Medan, Jalan Rumah Sakit, Deliserdang, Selasa (15/8). 

Dikatakan Edy, banyak masyarakat Sumut yang berobat ke luar negeri. Menurutnya ada triliunan rupiah uang yang dihabiskan untuk berobat di luar negeri. Oleh sebab itu, dengan peningkatan RSU Haji Medan, diharapkan banyak masyarakat yang tidak lagi berobat di luar negeri. 

Edy juga menyinggung, dirinya memiliki program Bus Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) yang sudah mengelilingi Sumut untuk memberikan pelayanan kesehatan dasar. "Kita berangkatkan (Bus BKB) ke desa-desa, tak berhenti orang datang berobat," kata Edy. 

Tower pertama telah berdiri dan memiliki  sembilan lantai, 103 kamar rawat inap dengan total 174 tempat tidur. Ruangan di tower pertama terdiri atas kamar rawat inap standar, VIP hingga VVIP.  Tidak hanya itu, di tower tersebut juga terdapat fasilitas hemodialisa atau cuci darah. 

(Zaini Abdillah, SE)

TerPopuler