Kelompok UMKM naik kelas RiYoLC adakan survey pelaku usaha UMKM sawit di Penghulu Bangko Jaya Kecamatan Bangko Pusako, Kab, Rokan hilir

Nature

Kelompok UMKM naik kelas RiYoLC adakan survey pelaku usaha UMKM sawit di Penghulu Bangko Jaya Kecamatan Bangko Pusako, Kab, Rokan hilir

Selasa, 04 Juli 2023, Juli 04, 2023
Faktaliputan.com

Provinsi Riau Merupakan daerah  penghasil perkebunan kelapa sawit  terluas di indonesia. dengan luas  2.86 juta  hektar  di kabupaten / kota Se Riau. Potensi tersebut  memiliki stikma  negatif terhadap limbah yang di hasilkanya.
Memanfaatkan limbah sawit  tersebut bisa diolah  menjadi aneka Produk Ekonomi Kreatif, yang memiliki nilai ekonomis, masyarakat tempatan.

Potensi yang besar itu Sudah berjalan di Kepenghuluan Bangko Jaya, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan hilir. Sedikitnya 30 Usaha Pelaku Ekonomi Kreatif  UMKM  yang berbasis pada pengelolahan  limbah sawit. Potensi yang besar ini sudah berjalan lebih kurang satu tahun dengan pasar yang menjanjikan.Kapasitas yang perlu ditingkatkan  dari pelaku usaha  merupakan suatu keharusan agar UMKM  bisa naik kelas. Terbentuknya UMKM naik kelas  dengan produk Unggulan  daerah sehinga  mendapatkan dan kesejahteraan masyarakat meningkat  disamping itu upaya kelestarian  lingkungan  dan kompanye sawit itu, baik bisa menjadi jawaban  atas tantangan global dengan lahirnya  produk ramah lingkungan.

Ketua kelompok UMKM Riau s' Youth Leader Club  Hendra Darmawan Serta Anggota lakukan  Survey ke Bangko dalam rangka meningkatkan  UMKM  Sabtu 1 / 7 / 2023 

Study Lapangan Riau's youth loader Club adalah Cetusan dari PHR  untuk generasi - Generasi Muda yang ada dikawasan PHR nya, Atau yang ada lintasan PHR, disini tidak semua Kabupaten/ kota yang ikut,dalam kegiatan Riau 's Youth Leader Club,  untuk Rumbai raya atau dari kecmaatan Rumbai timur ada dua orang,  rumbai dua orang, sedangkan dari kecamatan rumbai barat tdk bisa melanjutkan kegiatan, dikarenakan ada kesibukan lain,( kerja )

Riau s' Youth Leader Club bertujuan meningkatkan UMKM yang akan di bina  lansung oleh PHR. Baru - baru ini tokoh.muda  kecamatan rumbai timur,melakukan study banding teknik pengelolahan lidi sawit,  kami ada 7 kelompok, kebetulan saya berada pada pada kelompok 7 yang di ketuai oleh Hendra Darmawan, Habi Holidi,  David, Armaya Oktaviani, dan Zahroh Mahdalena.Kami memilih Bangko untuk Survey kelapangan karena di sini UMKM nya sudah duduk dan sudah mempunyai Brand dan mempunyai Sartifikat lansung oleh pemerintahan.

Dari kunjungan tersebut memang memberdayakan bagamana  mempaatkan batang sawit,mulai dari kulit sawit yang bisa dijadikan Kotak Tisu,lidi sawit juga bisa dijadikan kotak tisu, tanjak, arenya juga bisa dijadikan gula aren,serta daun sawit yang sudah dihancurkan juga bisa dijadikan pupuk Kompos.

Dari wawancara Awak media kepada salah seorang peserta survey,( Habi Holidi ) dari kunjungan kemaren sangat terlihat kegitan UMKM memang berjalan,dan itu di suport bukan dari anggotnya saja,tapi kepala Desa /  Penghulu,ada anggota dewan.Sehinga untuk pemasaran majunya suatu kelompok itu bisa cepat dan tidak ada keraguan lagi untuk Pemasaranya, Ucap abi 

Rohil / Bangko sebagai tempat Study banding, atau survey ke lapangan untuk pengelolahan sawit, Hendra,yang kami tunjuk sebagai ketua kelompok karena UMKM nya sudah mempunyai Brand Seperti Rumah Tamadun, juga binaan dari PHR, Hasil kesepakatan kami untuk kearah Rohil dahulu,Kedepanya kita juga akan mengarahkan  UMKM kerumbai karena kita berdomisili dirumbai timur, seperti di kelurahan Okura , sungai ukai juga banyak terdapat  hasil UMKM seperti,makanan - makanan tradisional. 

Dari hasil kunjungan kami ke bangko akan kami terapkan di kecamatan Rumbai timur dengan kegiatan UMKM yang lebih wah sehinga bisa membuat Brand / Sertifikat  tersendiri binaan dari PHR,   Ucap Habi lagi

Harapan kami sebagai Generasi Muda, Kepada Pemerintahan agar bisa membantu / Mensuport kami agar  kedepanya kami bisa  tetap selalu bersinergi, baik bersama pihak swasta maupun Pihak Pemerintahan **  ( Sutrisno )

TerPopuler