Menelisik Kecanggihan kapal AHTS DP 2 Executive Aspire.

Nature

Menelisik Kecanggihan kapal AHTS DP 2 Executive Aspire.

Selasa, 29 Agustus 2023, Agustus 29, 2023

Faktaliputan-Kemaman Malaysia
29 Agustus 2023.

Kapal AHTS (Anchor Handling Tug Supply) dengan sistem Dynamic positioning sistem adalah kapal canggih yang digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan explorasi minyak lepas pantai. Salah satu yang akan kita bahas hari ini adalah AHTS DP2 Executive Aspire.
Kapal yang di Nahkodai oleh Capt. Jazmir Aizart Bin Jasni ini memiliki panjang sekitar 78 meter dengan bobot sekitar 3903 GT. Menurutnya "hanya orang-orang berkualifikasi tinggi dan memiliki pengalaman dikapal AHTS DP2 yang boleh mengawaki kapal ini".
Bertindak sebagai kepala kamar mesin/Chief Enginer yaitu Noor Azam Bin ABD Rashid. Ia bertanggung jawab untuk memastikan mesin yang menggerakkan kapal berfungsi sebagaimana mestinya.

Kapal ini adalah kapal canggih yang di miliki oleh perusahaan pelayaran Executive offshore Sdn.Bhd yang beralamat di Paragon Labuan L1-12 & L1-13 Jalan Musthapa 87000 Wilayah persekutuan Malaysia.

AHTS DP 2 adalah kapal canggih dengan spesifikasi mumpuni yang mampu di operasikan di berbagai jenis pekerjaan pengeboran minyak lepas pantai (offshore). Kapal ini sendiri bisa mengangkut logistik dari pelabuhan menuju lokasi pengeboran/platform di lepas pantai. Barang-barang yang sering dimuat berupa kontainer, pipa pengeboran, semen untuk pengeboran laut, Bahan bakar untuk jack up rig, crane barge dan masih banyak lagi.

Salah satu kecanggihan kapal ini adalah mampu di operasikan menggunakan sistem Dynamic Positioning Sistem, dimana kapal akan tetap pada posisi dan mampu mempertahankan posisi itu pada saat melakukan transfer logistik dari kapal ke Jack up rig, crane barge maupun platform. 

Selain mengangkut logistik, kapal ini juga dirancang khusus untuk menarik instalasi pengeboran minyak seperti Jack up, semi submersible rig, Crane barge, dll. Selain itu, kapal ini juga dirancang untuk mampu melakukan misi pemadaman kebakaran di laut.

Untuk memastikan semua peralatan-peralatan dikapal berfungsi normal, baik itu dari segi navigasi, permesinan, elektrikal maupun alat pemadaman kebakaran, maka perawatan berkala adalah hal rutin yang dilakukan diatas kapal ini.

Dalam melakukan operasional kapal, hal yang paling utama adalah keselamatan awak kapal. Untuk itu, setiap kegiatan yang ada dikapal ini selalu di awali dengan safety meeting yang bertujuan untuk memastikan aspek keselamatan dari setiap pekerjaan yang akan dilakukan.

(Capt. Arqam Bakri, M.Mar)

TerPopuler