Jelang Idul Fitri, Forkopimda Tinjau Ketersediaan Pangan di Pasar

Nature

Jelang Idul Fitri, Forkopimda Tinjau Ketersediaan Pangan di Pasar

Sabtu, 06 April 2024, April 06, 2024
Faktaliputan.com

Manggar, Diskominfo SP Beltim –   Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau pasar tradisional guna memastikan ketersediaan pangan dan harga kebutuhan pokok stabil jelang Idul Fitri tahun 2024 di Pasar Lipat Kajang Manggar, Jumat (5/4).
Forkopimda itu dihadiri oleh Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Beltim Baniara Sinaga, Danramil Manggar Mayor Chb Ihsan, Ipda Savira selaku Kanit Tipiter Polres Beltim, Danpos Angkatan Udara Letda Erwin dan Kepala Diskominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Beltim (Diskominfo SP) Bayu Priyambodo serta perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Beltim. 
“Kami meninjau ketersediaan pangan dan harga barang kebutuhan pokok jelang lebaran. Pantauan kami semua harga stabil dan stok aman, namun daya beli masyarakat menurun,” ungkap Fezzi kepada Diskominfo SP Beltim.
Salah satu faktor penurunan daya beli masyarakat ini, kata Fezzi, lantaran industri timah di Beltim saat ini tengah mengalami menurun. Penurunan daya beli masyarakat ini juga menyebabkan harga-harga relatif tidak banyak bergejolak.
Begitu juga disampaikan Ipda Savira selaku Kanit Tipiter Polres Beltim yang juga tim satgas pangan. Ia mengungkapkan Tim satgas pangan terus melakukan pengecekan pasokan dan stabilisasi harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Beltim.
“Harga kebutuhan pokok di pasar Manggar masih normal jelang lebaran. Kami dari Polres akan terus memantau, mengawasi distribusinya apakah diduga ada penyelewengan dan tidak, semua tetap kita tindaklanjuti,” tutur Ipda Savira.
Demikian juga Danramil Manggar Mayor Chb Ihsan yang menyikapi ketersediaan bahan pokok di Pasar Lipatkajang Manggar yang dinilainya tersedia hingga lebaran. 
“Kita memantau harga sembako dan kondisi keamanan guna memastikan warga masyarakat yang berbelanja bisa melaksanakan aktifitasnya dengan aman dan nyaman,”kata  Mayor Chb Ihsan.
Perihal yang sama disampaikan Camat Manggar Herri. Ia mengungkapkan daya beli masyarakat pada momen Ramadhan dan lebaran tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu akibat perbaikan tata niaga dan tata kelola pertambangan timah. 
“Semua harga stabil dan stok cukup tapi daya beli masyarakat turun dibanding tahun lalu karena kondisi perekonomian masyarakat Beltim seperti ini. Kita harapkan kondisi bisa pulih,” kata Herri.
Dari pantauan Diskominfo SP Beltim di Pasar Lipat Kajang Manggar, harga daging sapi Rp 160.000 per kg,  ayam Rp 42.000 per kg, telur Rp 2.100 per butir, bawang merah brebes Rp 40.000 per kg, bawang putih Rp 40.000 per kg, cabe keriting dan cabe rawit Rp 40.000 per kg. (ver)

TerPopuler