Perawatan berkala AHTS DP 2 Executive Aspire.

Nature

Perawatan berkala AHTS DP 2 Executive Aspire.

Jumat, 01 September 2023, September 01, 2023
Faktaliputan.com -Singapore 
1 September 2023

Kali ini kita akan kembali mengulas tentang kapal tangguh AHTS DP 2 Executive Aspire yang akan melakukan perjalanan dari Kemaman Malaysia menuju ke Singapura. Jarak dari kemaman Malaysia ke Singapura sekitar 240 Mil Laut.
Kali ini misi yang akan dilaksanakan yaitu melakukan perawatan berkala 5 tahunan yang dikenal dengan isrtilah dry dock. Kapal canggih ini sendiri resmi dioperasikan pada tahun 2018 yang berarti pada tahun 2023 telah berusia 5 tahun. 
Sebelum berlayar banyak persiapan yang harus dipenuhi diantaranya mempersiapkan passage plan (rencana pelayaran), menyiapkan semua dokumen kapal dan crew kapal serta port clerance dari Kemaman Malaysia.
Kapal bertolak dari Kemaman Malaysia pada tanggal 30 Agustus 2023 pada jam 1430 LT dan dijadwalkan tiba pada Singapore Pilot Eastern Boarding Groung Alpha (PEBGA) pada tanggal 31 Agustus 2023 jam 1430 LT. Kecepatan yang ditempuh rata-rata 10 Mil laut per jam.

Kapal ini sendiri diawaki oleh 20 awak kapal termasuk Nahkoda. Setibanya di Singapore Eastern Biarding Ground Alpha (PEBGA) seorang Pilot atau biasa juga disebut Pandu langsung menaiki kapal kemudian mengarahkan nahkoda menuju tempat berlabu yang ada di pulau Sentosa Singapura. 

Tepat pada jam 15.00 LT kapal tiba ditempat  berlabuh dan langsung menurunkan jangkar kapal. Kemudian Pilot turun dari kapal dengan dijemput kembalinoleh pilot boat.

Pada hari yang sama, semua crew kapal dijemput menggunakan speed boat dengan dibagi 2 kelompok yaitu masing-masing 10 orang menuju ke Marina South pear untuk melakukan prosedur formalitas imigrasi dan mendaftarkan passport agar crew bisa turun ke darat dengan masa waktu yang diberikan yaitu satu bulan boleh tinggal di area Singapura dan boleh melakukan perjalanan darat di Singapura.

Dalam perjalanan menuju Marina South Pear pemandangan indah yang begitu memanjakan mata kami lalui. Deretan gedung-gedung mewah dan apartemen yang ada di Singapura.

Selamat datang di Singapura.

(Capt. Arqam Bakri, M.Mar)

TerPopuler