Puluhan Masyarakat Desa Matanga Demo Kantor DPRD Balut Meminta Keadilan Honor Imam Dan Pendeta Untuk Dikembalikan Seperti Semula.

Nature

Puluhan Masyarakat Desa Matanga Demo Kantor DPRD Balut Meminta Keadilan Honor Imam Dan Pendeta Untuk Dikembalikan Seperti Semula.

Jumat, 05 Mei 2023, Mei 05, 2023


BALUT,FAKTALIPUTAN.COM- Puluhan warga dari Desa Matanga, Kecamatan Banggai Selatan, Kabupaten Banggai Laut menggelar aksi damai di Gedung DPRD Balut, kamis,4 mei 2023.

Dalam pantau awak media ini, aksi damai dilakukan, sebagai bentuk protes terjadinya dugaan pemotongan para honor Imam dan Pendeta di Desa Matanga oleh Pemdes Matanga.

"Kami datang ke kantor DPRD untuk meminta keadilan serta mempertanyakan kenapa para honor imam dan pendeta itu harus dipotong atau dikurangi, sehinggah mereka tinggal menerimah Rp 500.000,00-(lima ratus ribu rupiah) padahal yang sebelumnya mereka terimah adalah sebesar Rp 700.000,00-(tuju ratus ribu rupiah),ucap Korlapnya.

Terjadinya dugaan pemotongan honor imam dan Pendeta tanpa adanya sosialisasi, atau pemberitahuan kepada yang bersangkutan, sehinggah tidak diketahui oleh parah Imam dan Pendeta Setempat.

Bahkan mereka sangat terkejut, saat menerimah honor yang tidak lagi sesuai seperti penerimaan honor sebelumnya.

Dalam ruangan rapat Kantor DPRD salah satu imam Desa matanga, ikut mengungkapkan kekesalannya. Dirinya mengakui dirinya sudah menjadi imam dari 4 generasi baru kali ia merasakan puncak amarahnya.

Dihadapan Ketua DPRD Banggai Laut Mahdiani Bukamo, Wakil Ketua DPRD, Ketua Komisi I dan yang lainnya, dirinya mengatakan menjadi seorang Imam tidaklah mudah. Dari lahir sampai orang meninggalpun harus di bantu, jelasnya dalam forum pertemuan kemarin.

Dengan honor yang hanya 700ribu, ia mengaku tidaklah sebanding dengan tugas yang dilakukan oleh seorang imam. namun ia iklas menjalaninya. Yang membuat dirinya naik pitam, dengan honor yang kecil, masih juga dikurangi, tanpa adanya pemberitahuan. Olehnya itu dirinya sebagai perwakilan dari beberapa imam lainya meminta kepada Pemda, untuk segerah menindak lanjuti persoalan ini, tandasnya.

Sementara itu, aksi demonstrasi tidak luput dari pengawalan ketat aparat keamanan TNI/Polri dan Satpol-PP yang dipimpin langsung Kapolsek Banggai Laut Kompol Frengky J. Rey SH, S.Pd, MH,.

Kedatangan warga Desa Matanga Kecamatan Banggai Selatan tampak disambut baik langsung oleh Ketua DPRD, hingga aksi damaipun dilanjutkan di dalam ruangan hingga selesai dengan situasi aman dan kondusif.


Penulis: Andry Taangga

TerPopuler