Sidang Vonis Azis Syamsuddin Sempat Ditunda Hari Ini

Nature

Sidang Vonis Azis Syamsuddin Sempat Ditunda Hari Ini

Kamis, 17 Februari 2022, Februari 17, 2022



faktaliputan.com - Mantan Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin akan menjalani sidang putusan atau vonis kasus dugaan suap terkait penanganan perkara, Kamis (17/2).

"Kami optimis berdasarkan fakta hukum dan alat bukti yang sudah diperlihatkan tim jaksa KPK di depan majelis hakim, terdakwa akan dinyatakan bersalah menurut hukum," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri  kepada wartawan, Kamis pagi (17/2).

Namun demikian, KPK menyerahkan sepenuhnya kepada majelis hakim terkait hukuman yang akan dijatuhkan kepada Azis.

Sidang vonis sedianya berlangsung pada Senin (14/2). Namun karena dua majelis hakim dalam keadaan sakit, sidang ditunda.

Dalam perkara ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menyatakan Azis terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam dakwaan Pertama.

Dakwaan pertama yang dimaksud yaitu, Pasal 5 Ayat 1 huruf a UU 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tipikor Juncto Pasal 64 Ayat 1 KUHP.

JPU meminta majelis hakim menjatuhkan pidana penjara empat tahun dan dua bulan, serta pidana denda sejumlah Rp 250 juta subsider enam bulan kurungan kepada Azis.

Selain itu, JPU juga meminta majelis hakim menjatuhkan pidana tambahan berupa pencabutan hak dipilih dalam pemilihan jabatan publik atau politis selama lima tahun terhitung sejak Azis selesai menjalani pidana pokoknya.

Azis dianggap terbukti memberikan uang Rp 3.099.887.000 dan 36 ribu dolar AS kepada Stepanus Robin Pattuju selaku mantan penyidik KPK dan Maskur Husain selaku pengacara secara bertahap.

Pemberian uang tersebut dimaksud agar Robin dan Maskur membantu mengurus kasus yang melibatkan terdakwa Azis dan Aliza Gunado terkait penyelidikan KPK di Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng). EDITOR: DIKI TRIANTO








TerPopuler