Gerakan Pangan Murah (GPM) Disambut Antusias Warga Beltim

Nature

Gerakan Pangan Murah (GPM) Disambut Antusias Warga Beltim

Selasa, 26 Maret 2024, Maret 26, 2024

Faktaliputan.com
Hari/Tanggal : Selasa, 26 Maret 2024
Manggar, Diskominfo SP Beltim  ---Pemerintah Kabupaten Belitung Timur melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten kembali melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi khususnya selama bulan suci Ramadhan dan menjelang Idul Fitri tahun 2024 di Taman Kota Manggar, Selasa (26/3).
Kegiatan ini disambut antusias masyarakat yang hadir untuk membeli beragam bahan pokok yang dijual dengan harga terjangkau. Sejumlah komoditi yang dijual berupa beras SPHP, gula, minyak goreng, telur, bawang merah, bawang putih, dan sejumlah komoditi pangan strategis lainnya. Harga yang dijual lebih murah dan terjangkau dibandingkan harga di pasar.
 “Kita yang menangani urusan pangan, melaksanakan kegiatan ini dalam rangka stabilisasi harga dan pasokan pangan terutama dalam menangani kenaikan harga bahan-bahan pokok jelang lebaran. Untuk itu, di GPM ini masyarakat dipastikan mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga lebih rendah dari harga normal di pasaran,” kata Heryanto selaku Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Beltim kepada Diskominfo SP Beltim.
Dalam kegiatan ini,  pihaknya mengajak Perum Bulog, distributor minyak goreng, ayam beku dan petani. Selain itu, Heryanto menambahkan bahwa Pemkab Beltim secara berkelanjutan juga akan menggelar kegiatan serupa seminggu jelang lebaran
“Adanya antusias masyarakat membeli beras dan masih banyak masyarakat yang tidak kebagian maka kami ditugaskan bupati untuk berkoordinasi dengan Perum Bulog menggelar kegiatan yang sama dan akan digelar seminggu sebelum lebaran,” ungkap Heryanto.
Dalam kesempatan itu, Bupati Beltim, Wakil Bupati dan Kepala Perum Bulog Belitung Yanni Tarminda meninjau GPM dan memantau masyarakat membeli kebutuhan pokok sekaligus memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi.
Bupati Beltim Burhanudin mengatakan kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen pemerintah daerah untuk menghadirkan kebutuhan pokok dengan subsidi harga yang terjangkau bagi masyarakat Beltim terutama di tengah lonjakan beberapa harga komoditi.
Senada yang disampaikan Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar bahwa Pemda bersama TPID Beltim berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang paling banyak dibutuhkan terutama beras yang cenderung naik.
Dari pantauan Diskominfo SP Beltim, ratusan warga mengantri untuk membeli beras SPHP, bahkan tidak sedikit yang rela berdesak-desakan demi mendapatkan beras murah. 
Tingginya antusias masyarakat membuat para petugas panitia sampai kewalahan melayani mereka yang datang membeli. Tingginya antusasi warga sehingga hanya dalam tempo tidak sampai 1 jam sejak dibuka, beras bulog yang dijual sudah habis terjual.
“Senang dapat beli beras bulog yang kualitas bagus. Saya sengaja datang jam 07.30 WIB karena takut kehabisan,” ujar Suryati (67) warga Kampung Arab, Manggar. (ver)

TerPopuler