Cegah Hepatitis B, Karyawan RSUD dr. Iskak Diberikan Vaksinasi

Nature

Cegah Hepatitis B, Karyawan RSUD dr. Iskak Diberikan Vaksinasi

Selasa, 19 Maret 2024, Maret 19, 2024


Faktaliputan.com

Tulungagung - Resiko penularan penyakit infeksi pada orang dewasa menjadi ancaman seiring perkembangan pola penyakit, lingkungan, serta perilaku manusia. Karena itu pemeberian vaksin menjadi kebutuhan yang tak bisa ditawar.

Dalam upaya menekan penularan infeksi tersebut, RSUD dr. Iskak Tulungagung melakukan vaksinasi Hepatitis B kepada ratusan karyawan, Kamis (7/3/2024). “Pemberian vaksinasi hepatitis B ini menyasar 347 karyawan dengan skala prioritas sesuai dengan area resiko,” ujar Muhammad Ali Ridho, A.Md.Kep, IPCN komite PPI RSUD dr. Iskak.



Pemberian vaksin Hepatitis B ini dilakukan beberapa kali, yakni bulan ke-0, bulan ke-1, dan bulan ke-6. Penyuntikan dilakukan pada otot lengan atas. “Pemberian vaksinasi untuk bulan ke-1 akan dilaksanakan setelah hari raya idul fitri,” kata Ali.

Sebelum mendapatkan vaksinasi, karyawan dilakukan skrinning rapid HBsAg. Apabila didapatkan hasil negatif maka akan diberikan vaksinasi hepatitis B. 

Penggunaan vaksin pada orang dewasa ini didasarkan pada beberapa indikasi, yaitu riwayat paparan, risiko penularan, usia, status imun, pekerjaan, gaya hidup, atau rencana bepergian ke tempat yang berisiko terjadinya penularan penyakit tertentu. Vaksinasi hepatitis B merupakan suntikan berisi antigen virus yang dilemahkan untuk memacu tubuh untuk menghasilkan kekebalan secara aktif terhadap infeksi hepatitis B. 

Vaksinasi hepatitis B pada petugas kesehatan sangat diperlukan sebagai perlindungan atas risiko penularan penyakit di rumah sakit. (HUMAS)

TerPopuler