SMP Negeri se-Manggar Gabung Bikin Pensi

Nature

SMP Negeri se-Manggar Gabung Bikin Pensi

Rabu, 28 Februari 2024, Februari 28, 2024

Faktaliputan.com
RILIS PERS Hari/Tanggal : Rabu/ 28 Februari 2024 

Manggar, Diskominfo SP Beltim – Sebanyak 6 SMP Negeri di Kecamatan Manggar berkolaborasi menggelar Pentas Seni dan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan selama dua hari, dari Rabu (28/2/24) hingga Kamis (29/2/24) ini berlangsung di Pantai Nyiur Melambai Desa Lalang Kecamatan Manggar.
Mulai dari Pensi, seni tari kreasi dan vokal solo ada pada kegiatan ini. Puluhan dulang juga disajikan untuk para undangan. Semuanya ditampilkan oleh anak-anak SMP. 
Selain itu belasan bazaar dari paguyuban orang tua dan kelas SMP juga didirikan. Dengan menghadirkan aneka makanan dan cendera mata untuk pengunjung yang datang.
Ketua Panitia Pentas Seni dan Gelar Karya P5 Tahun 2024, Titin Purwosari mengatakan kegiatan bersama SMP Negeri se Kecamatan Manggar ini diinisiasi bersama karena adanya kebutuhan dan agenda yang sama, yakni kegiatan P5 dan program parenting sekolah. 
“Kolaborasi SMP Negeri se-Kecamatan Manggar ini bertemakan ‘Merdeka Belajar’. Tema ini kepanjangan dari mari berkolaborasi dengan gelar karya bedulang pelajar SMP Manggar,” kata Titin.   
Kegiatan P5 ini, lanjut Titin mengambil tema kearifan lokal. Dengan topik melestarikan budaya tradisi makan bedulang dengan dimensi karakter yang dituju yaitu berkhhinekaan global dan bergotong royong. 
“Tujuan dari kegiatan ini untuk mewujudkan kepemimpinan murid yang berkarakter sesuai profil pelajar pancasila. Memfasilitasi perfom siswa dan menghilangkan kesenjangan dan perbedaan diantara seklah (SMP-Negeri) se Kecamatan Manggar,” ungkap Titin. 
Kepala SMP N 1 Manggar ini menyatakan dalam kegiatan ini melibatkan setidaknya 661 siswa SMP. Seluruhnya siswa kelas VII dari SMP N 1, SMP N 2, SMP N 3, SMP N 4, SMP N 5 dan SMP N 6 Manggar. 
“Harapan kami siswa akan memiliki karakter profil pelajar pancasila khususnya pada dimensi bergotong royong dan berkbhinekaan global. Selain itu pula kolaborasi antar SMP se Kecamatan Manggar dan orang tua semakin meningkat melalui program parenting sekolah yang lebih variatif dan berkualitas,” ujar Titin.           

Minta Kegiatan Serupa Digelar 2 Mei Mendatang

Bupati Belitung Timur, Burhanudin membuka kegiatan Pentas Seni dan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMP Negeri se Kecamatan Manggar di Pantai Nyiur Melambai Desa Lalang, Rabu (28/2/24). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong.
Meski sempat diguyur hujan dan siswa tampak basah-basahan namun tak memadamkan antusias siswa SMP yang akan menampilkan pegelaran seni.  
Kepada Diskominfo Beltim, Burhanudin menyatakan sangat mendukung acara kolaborasi ini, mengingat seluruh SMP Negeri dilibatkan. Hal ini juga dipercaya akan menghapus stereotype sekolah atau pun kelas unggulan. 
“Nah ini kan bagus jadi semua rata, dak ada yang unggulan. Semua sekolahy saling bekolaborasi untuk menampilkan yang terbaik,” kata Aan sapaan akrab Burhanudin. 
Aan bahkan meminta agar kolaborasi apik ini dilanjutkan untuk ditampilkan kembali pada Hari Pendidikan, 2 Mei 2024 mendatang. Namun tempatnya bukan lagi di Pantai Lalang, tapi Taman Kota Manggar. 
“Saya minta kegiatan ini digelar lagi di Taman Kota Manggar, nanti kita tampilkan kayak pelaksanaan HUT Beltim, jalannya kita alihkan biar lebih ramai masyarakat yang menyaksikan dan menikamati pagelaran seni ini,” pinta Aan. 
Bukan hanya kepada SMP Negeri se Kecamatan Manggar. Aan juga minta agar SMA dan SMK juga untuk ikut ambil bagian pada ajang pensi di Hari Pendidikan tersebut. 
“Nanti yang koordinir Kepala SMA 1 Pak Sabarudin. Jadi kita meriahkan peringatan Hari Pendidikan di kabupaten Beltim,” ujar Aan @2!

TerPopuler