Mengenal Bripda Fahri Samsudin, Atlet Renang Berprestasi Ditpolairud Polda Sumsel

Nature

Mengenal Bripda Fahri Samsudin, Atlet Renang Berprestasi Ditpolairud Polda Sumsel

Kamis, 29 Februari 2024, Februari 29, 2024
Palembang Faktaliputan.com

Atlet renang Ditpolairud Polda Sumsel Bripda Fahri Samsudin, menorehkan prestasi finis ke-9 dari 474 peserta kategori putra TNI-Polri, mengarungi Selat Madura sejauh 3,6 kilometer (km). 

Dalam acara event Swimming Selat Madura, Dalam rangka HUT ke-62 Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL, Minggu, 25 Februari 2024. 

Start dari Pelabuhan Kamal Madura, 
  dikuti ratusan peserta ikut  berpacu melawan derasnya ombak yang tidak menentu untuk menuju finis di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya. 

Kemudian disini Peserta harus benar-benar mempersiapkan fisik dan mental. Sebab, nyawa bisa jadi taruhannya.

Tapi siapa sangka, Bripda Fahri Samsudin mampu mengharumkan nama Polri khususnya Polda Sumsel. 
Sebab, dia satu-satunya insan Tri Brata, yang mampu finis 10 besar. Menempuh jarak 3,6 km, lajang berusia 23 tahun itu menorehkan catatan waktu terbaiknya 38 menit 30 detik.

Hannya terbilang singkat untuk menghadapi event bergengsi dan menantang itu. Hanya 10 hari. Dia pun digenjot pelatihnya, AKP Karnadi selaku Kapten Kapal Elang Bondol Ditpolairud Polda Sumsel.

Untuk mengahadapi Event Swiming selatan Madura ini, Setiap pagi, dia berenang di Sungai Musi. Jarak tempuhnya  tahapan  berjenjang. Mulai dari sejauh 1,5 km, besoknya 2 km. Lalu sejauh 2,5 km, dan seterusnya hingga sejauh 4 km. 

” Kemudian  Sempat sugesti juga waktu latihan di Sungai Musi, takut ada buaya,” ucapnya tersenyum.
Setelah pagi berenang, sorenya latihan fisik berlari. Bripda Fahri dan pelatihnya serta 4 pendamping lalu berangkat ke Surabaya. Hanya 1 hari latihan berenang di air laut. 

“Sempat juga berpikir, sampai tidak nanti finis. Karena berenang di Selat Madura, berbeda dengan latihan di Sungai Musi,” kenangnya.

Sebab dari yang dirasakan Bripda Fahri, berenang di Selat Madura ombaknya lebih besar dan tidak teratur. Air lautnya asin begitu sempat terminum. “Beda dengan berenang di Sungai Musi yang ombaknya tidak besar, ngikut arus (satu arah). Kalau terminum airnya tawar,” tuturnya.

”Alhamdulillah, finis juga di Selat Madura. Masuk 10 besar kategori putra TNI-Polri, finis ke-9. Berkat bimbingan pelatih dan dukungan pimpinan,” imbuh Bripda Fahri, warga Jl M Zen, Lr Tenang, Kecamatan Kalidoni, Palembang

Ctt, W ,Muksin.

TerPopuler