Apresiasi Kinerja Tahun 2023, Perhutani KPH Blitar Siap Meraih Sukses Tahun 2024 Dengan Semangat “Kompak, Profesional, Mandiri”

Nature

Apresiasi Kinerja Tahun 2023, Perhutani KPH Blitar Siap Meraih Sukses Tahun 2024 Dengan Semangat “Kompak, Profesional, Mandiri”

Selasa, 02 Januari 2024, Januari 02, 2024

Blitar,faktaliputan.com - Perum Perhutani KPH Blitar raih berbagai prestasi gemilang dalam perjalanan kinerja di tahun 2023, acara yang dihadiri seluruh staf dan perwakilan wilayah digelar di Kesambi Tress Park Jatilengger Kecamatan Ponggok. Selasa (2/1/2024). 

Dengan semangat "Kompak, Profesional, Mandiri," Perhutani KPH Blitar siap menembus batas kesuksesan di tahun 2024.

Administratur (ADM) KPH Blitar, Muklisin, S.Hut kepada awak media menyampaikan ada beberapa capaian luar biasa yang ini semua bisa terwujud, yang pasti dari rahmat dan berkah dari Allah SWT. Serta semua team work dan dukungan dari pada stakeholder termasuk rekan-rekan wartawan. 

"Alhamdulillah, Perhutani KPH Blitar dari capaian kinerja keseluruhan atau Key Performance Indicator diatas rata-rata dan sampai dengan bulan November kemarin kita mendapatkan The Best Nomer 1 se-Jawa Timur", ujarnya. 

Dikatakan Muklisin, adapun yang menompang dari keseluruhan itu adalah salah satunya pendapatan yang kemarin menyelesaikan terkait tebu liar. Yang mana permasalahan tebu liar capaian untuk pendapatan negara bukan pajak meningkat 500 persen dibanding tahun kemarin. 

"Artinya, tahun kemarin 100 sekian juta untuk PNBP nya , tahun ini meningkat menjadi 700 sekian juta untuk PNBP nya. Sedangkan untuk sharing perhutani juga sama sebanding, secara total capaian kita pendapatan hampir 3 miliar", kata Muklisin. 

Lebih lanjut Muklisin menyampaikan, sedangkan untuk capaian pendapatan wisata dari RKAP kita sebesar 3 miliar sekian, kita tercapai hampir 7 miliar atau 220 persen. "Ini semua juga atas pengawalan dari temen-teman sekalian, jika tidak ada pengawalan, pendampingan dan sinergi dengan semuanya hal ini tidak akan tercapai".

Selain itu juga, untuk capaian produksi hasil hutan non kayu getah pinus kita tercapai hingga 115 persen dari RKAP. 

"Artinya kita semua rata-rata diatas target, termasuk capaian produksi kayu, begitu pula penurunan angka keamanan hutan kita pada posisi diatasnya hijau atau biru", ucap Muklisin. 

Kemarin kita juga mendapat apresiasi melalui mandor-mandor kita untuk lepas kontrak tanaman tahun 2001 kategori penanaman dan penataan tebu di wilayah Blitar selatan sebagai mandor terbaik pertama tingkat Jawa Timur. 

"Kita berkomitmen tahun 2024 bersama team work menyamakan frekuensi, capaian-capaian itu bisa terlampau lagi. Kedepan fokus kita mitigasi terkait bencana sudah kita mulai lakukan kegiatan penanaman pada lokasi-lokasi hutan lindung, dan alhamdulillah sudah kita pasang plang agar tidak digarap terus dengan tebu tetapi kita alih komoditi menjadi tanaman buah berkayu", terang Muklisin. 

Muklisin berharap dengan semangat yang luar biasa mudah-mudahan ekologi untuk hutan di Blitar raya menjadi baik, hal tersebut tidak akan terwujud tanpa peran serta rekan-rekan media semuanya untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa fungsi hutan itu tidak hanya ekonomi untuk masyarakat saja tetapi yang tidak kalah penting adalah fungsi ekologi. 

"Kedepan kita akan terus lakukan perbaikan-perbaikan lingkungan dan tidak kalah penting terus kita memberikan manfaat untuk masyarakat Blitar raya", pungkas ADM KPH Blitar, Muklisin, S.Hut. (fdy)

TerPopuler