Polman Negeri Babel Buka Prodi Pertanian Presisi, Kembangkan Pertanian yang Modern

Nature

Polman Negeri Babel Buka Prodi Pertanian Presisi, Kembangkan Pertanian yang Modern

Sabtu, 25 November 2023, November 25, 2023
Faktaliputan.com
Bangka, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung atau yang sering disebut Polman Negeri Babel terus berupaya menambah program studi-program studi baru yang dapat menunjang kebutuhan daerah maupun nasional. 
Salah satunya Program Studi Pertanian Presisi pada jenjang Sarjana Terapan (D-IV) yang telah mendapatkan izin pembukaan dari Kemdikbudritek RI berdasarkan Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 257/D/T/2023 tanggal 02 Oktober 2023. Sehingga saat ini Polman Negeri Babel kini telah memiliki sembilan program studi dengan rincian tiga program studi jenjang diploma tiga dan enam program studi jenjang sarjana terapan.

Wakil Direktur I Bidang Akademik Polman Negeri Babel, Irwan M.Sc., Ph.D. menjelaskan bahwa Prodi Pertanian Presisi merupakan prodi yang akan membawa perubahan seiring dengan berjalannya revolusi industri 4.0 pada sektor pertanian.

"Pengembangan pertanian modern ditandai dengan perubahan pola pikir penggunaan sumber daya yang tepat sesuai kebutuhan", ujar Irwan (24/11). 

Irwan juga menambahkan bahwa melalui kompetensi yang dimiliki dari lulusan prodi ini, petani modern akan mampu menerapkan konsep pertanian yang mengoptimalkan penggunaan sumber daya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, termasuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.
 
Kompetensi yang dimiliki oleh lulusan Program Studi Pertanian Presisi ini merupakan kompetensi gabungan antara bidang pertanian, elektronika, permesinan, dan teknologi informasi.

Program studi ini merupakan satu-satunya program studi yang ada di Babel saat ini dan bahkan nomenklaturnya pun berdasarkan hasil usulan dari Polman Negeri Babel.
 
Beberapa keunggulan Prodi Pertanian Presisi di Polman Babel diantaranya konsentrasi ilmu saat ini pada pengembangan holtikultura dan pangan, sarana dan prasaran yang memadai, dengan pembelajaran yang didominasi praktik sebesar 70% dan 30% teori, serta mengenal Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) melalui magang wajib selama satu semester.

Irwan juga menyampaikan lulusan prodi ini akan mendapatkan gelar lulusan Sarjana Terapan Pertanian (S.Tr.P.) dengan berbagai profil lulusan diantaranya sebagai praktisi pertanian seperti akademisi, staf agronomi, agriculture officer. 

Selain itu bisa sebagai teknisi pertanian seperti staf supervisor teknisi pertanian dan bahkan bisa juga menjadi agrotechnopreneur yaitu wirausahawan yang mengembangkan pertanian yang berbasiskan teknologi.

“Kami berharap dengan adanya prodi baru ini, akan menambah pilihan siswa untuk melanjutkan kuliah ke Polman Negeri Babel sesuai dengan minat dan cita-cita masa depannya, " kata Irwan.

Ia juga menambahkan terkait pendaftaran mahasiswa baru di Polman Negeri Babel dapat dipantau melalui website Polman Negeri Babel di www.polman-babel.ac.id atau langsung ke laman penerimaan mahasiswa baru di tautan https://pmb.polman-babel.ac.id kemudian pilih program studi yang diminati. Tutupnya(hms)

TerPopuler