Perpustakaan LATANSA SMAN 1 Belinyu Gelar Peringatan Bulan Bahasa Dan Sumpah Pemuda,

Nature

Perpustakaan LATANSA SMAN 1 Belinyu Gelar Peringatan Bulan Bahasa Dan Sumpah Pemuda,

Selasa, 31 Oktober 2023, Oktober 31, 2023

BANGKA,  – Dalam rangka memperingati hari Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda, LATANSA SMA Negeri 1 Belinyu mengadakan kegiatan Perpustakaan di halaman sekolah dengan mengangkat tema Membaca Hidupkan Literasi  Jadikan Sumpah Pemuda Tetap Menggema Menjadi pegangan Bangsa Indonesia, Selasa (31/10/2023).
Tujuan dalam kegiatan ini diselenggarakan agar lebih mengenal perpustakaan melalui kegiatan yang di selenggarakan setiap tahunnya.
Rohima selaku Ketua Pelaksana Kegiatan mengatakan jika setiap tahunnya pihaknya selalu mengadakan lomba-lomba yang mencerminkan semangat pemuda. Menurutnya, kegiatan ini telah menjadi agenda tahunan yang diselenggaran Perpustakaan Latansa sekaligus menjadi momentum bagu sekolah untuk memilih bibit-bibit unggul siswa berprestasi.

Ia menerangkan beberapa kategori yang diperlombakan adalah lomba membaca puisi, lomba menulis cerpen, dan lomba pentas drama, dan Lomba memasak tradisional muatan lokal

“Jadi selain untuk memperingati hari Sumpah Pemuda, lomba-lomba ini juga diadakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa siswa-siswi SMA N 1 Belinyu. 

Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh siswa dan siswi, yang berjumlah 180 peserta ,kegiatan terdiri dari kategori perlombaan peserta puisi 20 org,peserta drama 100 org, peserta lempah kuning 40 orang,peserta menulis cerpen 20 orang,”jelasnya. 

Dra. Desiana selaku kepala perpustakaan Latansa Belinyu mengukapkan kegiatan ini bukanlah acara seremonial biasa, agar anak-anak menyukai masakan bertema tradisional muatan lokal,karena yg dihidangkan tidak hanya lempah kuning saja tapi berbagai macam masakan lokal Bangka Belitung salah satunya rusip beserta lalapan.

Pada zaman sekarang dikatakannya generasi Z Anak -anak lebih suka makanan cepat saji Fast Food, mungkin kata mereka makanan itu sehat, padahal makanan itu kurang sehat, tetapi dengan adanya kegiatan seperti ini anak -anak bisa menjaga kesehatan dan lingkungan melalui kegiatan ini, terutama dapat mengenal cinta tanah air kita dalam masakan kuliner khas  bangka, terangnya. 

Willem, S.Pd.Bio selaku Kepala sekolah SMA N 1 Belinyu mengungkapkan sangat mengapresiasi kegiatan yang cukup luar biasa. Dengan harapan untuk ke depan dengan adanya kegiatan siswa lebih mencintai bahasa Indonesia dan kegiatan ini lebih difokuskan lagi, dan bisa diperbanyak lagi lombanya. 

kedepan bisa menjadikan perpustakaan sebagai wadah mengenal budaya lokal serta mampu mengembangkan bakat minat warna SMA Negeri 1 Belinyu ,

“ Kita sangat bersyukur dan bangga atas kerjasama yang luar biasa dari pihak panitia bulan bahasa yang telah senantiasa dalam membantu mensukseskan kegiatan ini, yang menunjukkan semangat untuk terus berkarya tanpa lelah,” tutupnya

TerPopuler