SMA Negeri 8 Palembang Menuju Satuan Pendidikan Ramah Anak

Nature

SMA Negeri 8 Palembang Menuju Satuan Pendidikan Ramah Anak

Rabu, 06 September 2023, September 06, 2023
Palembang Faktaliputan.com Pada era ini, masyarakat dituntut untuk semakin peduli terhadap perlindungan perempuan dan anak. Sebab, perempuan dan anak dianggap rentan terhadap berbagai ancaman. Mulai dari lingkungan yang membahayakan, kekerasan, dan sebagainya. Karenanya, pemerintah telah menginisiasi Sekolah Ramah Anak (SRA) agar anak nyaman dan senang belajar. 

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Pemerintah melalui Kementerian Kemen PPPA menginisiasi Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam rangka pemenuhan hak-hak dasar anak.

Sekolah Ramah Anak pada dasarnya adalah bagaimana 3 pilar yaitu sekolah, orang tua, dan anak bersama-sama menciptakan kondisi sekolah yang bersih, rapih, indah, inklusif, sehat, aman dan nyaman.

SMA Negeri 8 Pelembang Mendeklarasikan Menuju Satuan Sekolah Ramah Anak,seperti yang disampaikan Kepala Sekolah SMAN 8 Palembang Hj.Maryati via WaatsAap pada rabu, ( 06/09/2023) menyampaikan Deklarasi Sekolah Ramah Anak ini terdapat 6 point,yaitu :

1.Meningkatkan keimanan dan Ketawaqwaan menurut dasar kemanusia yang adil dan beradad

2.Menghargai hak-hak perserta didik dan menjadi fasilator, Motivator dan menjadi sahabat untuk mereka

3.Menciptakan sekolah yang bebas kekerasan fisik,non fisik dan vandalisme dilingkungan sekolah maupun dilingkungan keluarga

4.Menciptakan sekolah yang bebas minukan keras,Napza dan Asap Rokok

5.Mewujudkan sekolah yang aman,Sehat,Bersih,hijau dan nyaman untuo tumbuh kembangkan para siswa

6.Menjamin kesehatan dan kesetaraan hak pendidikan tanpa diskriminasi

Dengan mendeklasikan Kebijakan Menuju Sekolah Ramah Anak bertujuan untuk dapat memenuhi, menjamin, dan melindungi hak anak. Selain itu juga memastikan bahwa satuan pendidikan mampu mengembangkan minat, bakat dan kemampuan anak, serta mempersiapkan anak untuk bertanggung jawab kepada kehidupan yang toleran, saling menghormati, dan bekerjasama untuk kemajuan dan semangat perdamaian.

Nantinya, satuan pendidikan diharapkan tidak hanya melahirkan generasi yang cerdas secara intelektual, namun juga melahirkan generasi yang cerdas secara emosional dan spiritual,tutupnya.

KARDI

TerPopuler