Eksistensi Nusantara Hukum dalam Proses Edukasi Hukum Terhadap Masyarakat Indonesia.

Nature

Eksistensi Nusantara Hukum dalam Proses Edukasi Hukum Terhadap Masyarakat Indonesia.

Selasa, 12 September 2023, September 12, 2023
Faktaliputan.com - Singapore
12 September 2023

Nusantara Hukum adalah salah satu platform digital edukasi hukum yang ada di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2021. Platform digital yang diketuai oleh Dikri Ilham Husaeni, S.H. Ini telah sukses mengadakan berbagai seminar hukum yang mengundang berbagai narasumber yang kompeten dibidangnya seperti Hakim, jaksa, advokat dan Polisi. 

Nusantara hukum sendiri telah memiliki beberapa cabang di berbagai provinsi dengan ketua cabang masing-masing antara lain: 
1. Aceh (Prawira Yud)
2. Sumbar (Sri Wahyuni)
3. Sumsel (Hengki Tornado)
4. DKI Jakarta (Cindy)
5. Jawa Barat (Dede Indra Apriadi)
6. Jawa tengah (Salsabila Diva)
7. NTT (Kelvin)
8. Kalsel (Maulana)
9. Sulsel (Capt. Arqam Bakri, M.Mar)

Sesuai dengan namanya Nusantara Hukum mempunyai visi untuk mengedukasi masyarakat secara umum di seluruh Nusantara. Nusantara Hukum memiliki Slogan "Unity and Harmony in diversty (kesatuan dan keharmonisan dalam keberagaman). Maknanya keberagaman Agama, suku, Budaya dan Bahasa di Indonesia, akan dipersatukan dalam satu wadah yang secara berkala mengadakan seminar secara online demi mensosialisasikan pengetahuan hukum bagi kalangan luas di seluruh lapisan masyarakat.

Nusantara Hukum telah berhasil mengadakan berbagai semunar antara lain : 
1. Teknik membuat surat gugatan kepengadilan Agama dengan Narasumber Mumu Muhyidin, SH.
2. Kupas tuntas proses penanganan perkara tindak pudana umum oleh kejaksaan dengan Narasumber Azwar Zamrood Hakim, SH.,MH (asisten tindak pidana umum Kajati Sulawesi Barat)
3. Pelatihan kepenulisan hukum dengan Narasumber Aji Baskoro, SH.
4. Peluang dan tantangan berkarir di dunia hukum pada era 5.0 dengan narasumber Hikmah, S.Ag., M.SY (wakil ketua PA Martapura kelas 1B) 
Serta masih banyak lagi seminar yang telah diadakan oleh Nusantara Hukum dengan berbagai Narasumber. Dan yang terbaru Nusantara Hukum akan kembali mengadakan webinar online pada tanggal 16 September 2023 dengan tema Sistem peradilan pidana proses eksekuti mati di Indonesia dengan narasumber Nurul Fransisca, SH.,MH (Jaksa Ahli Madya Kajati Jogjakarta).

Menurut Dikri "Nusantara Hukum akan terus mengadakan berbagai webinar hukum secara online untuk meningkatkan kesadaran hukum ditengah-tengah masyarakat yang tengah mengalami krisis kepercayaan terhadap penegakan hukum yang ada di Indonesia".

Hal ini pula yang mendasari segenap pengurus besar Nusantara Hukum untuk terus melebarkan sayap dengan harapan asas Equality before the Law (persamaan di depan hukum) bisa benar-benar tercapai di negara Indonesia yang merupakan negara hukum yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945.

(Capt. Arqam Bakri, M.Mar)

TerPopuler