Dr.ADBUL HARIS ACHADI PLT KABASARNAS

Nature

Dr.ADBUL HARIS ACHADI PLT KABASARNAS

Senin, 04 September 2023, September 04, 2023

Medan * faktaliputan.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Sekretaris Utama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Abdul Haris Achadi menjadi Plt kepala Basarnas (kabasarnas). Penunjukan tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 11/TPA Tahun 2023 tentang Penunjukan Pelaksana Tugas Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Sebelum diberikan tugas sebagai plt kabasarnas, Abdul Haris Achadi merupakan Sekretaris Utama Basarnas dengan pangkat DESS Pembina Utama Madya (IV/d). Dia lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 24 September 1966.

Abdul Haris Achadi adalah seorang pegawai negeri sipil (PNS) lulusan S1 Hukum Internasional Universitas Surabaya, S2 Hukum Udara Universite D’aix Marseile di Prancis, dan S3 Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan Universitas Gadjah Mada (UGM). 

"Ia juga aktif mengikuti beberapa kegiatan mengajar dalam bidang hukum internasional, transaksi bisnis internasional, hukum udara dan aspek hukum dalam bisnis di Fakultas Hukum Universitas Islam Jakarta dan Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti," dituliskan dalam website resmi Basarnas.

Pria tersebut menduduki jabatan sebagai Kepala Bagian Kerja Sama Teknik Luar Negeri dan pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama Biro Hukum dan Kepegawaian Basarnas, Kepala Biro Hukum dan Kepegawaian, Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi Pencarian dan Pertolongan. 

Sebelum diangkat menjadi Plt Kabasarnas, Abdul merupakan Sekretaris Utama Basarnas.

Rekam jejaknya antara lain aktif dalam pembuatan kebijakan serta kegiatan kerja sama internasional dan dia pernah menjadi Ketua Asean Transport SAR Forum ke 2 tahun 2014.

(Zaini Abdillah, SE)

TerPopuler