Masyarakat Desa Dava Merasa Bersyukur Atas Bhaksos yang Dilakukan MIND ID dan ANTAM Di Desa Mereka

Nature

Masyarakat Desa Dava Merasa Bersyukur Atas Bhaksos yang Dilakukan MIND ID dan ANTAM Di Desa Mereka

Sabtu, 24 Juni 2023, Juni 24, 2023


 Buru, Faktaliputan.com - Kegiatan Bhaksos yang diinisiasi Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI AD ( PPAD ) dan juga Komisaris Utama MIND ID Doni Monardo, dimana MIND ID merupakan pemilik mayoritas saham pada 4 perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia yaitu : PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk dan PT Freeport Indonesia dengan menanam 100 pohon sukun  ( Artocarpus altilis ) dan 50 pohon kenari ( Canarium indicum ) bhaksos dilaksanakan pada hari kamis, 22 Juni 2023 bertempat di desa Dava, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru sangat disambut baik oleh seluruh masyarakat di desa tersebut.
Tanaman sukun ( Artocarpus altilis ) adalalah tanaman umur panjang yang mudah cara membudidayakannya, bibit bisa didapat dari stek batang, stek pucuk dan stek akar, sedangkan bibit pohon kenari ( Canarium ovatum ) bisa dari biji,  juga okulasi, tapi karna pohonnya yang tinggi banyak dibudidayakan lewat biji, kedua tanaman ini ditanam dengan jarak 10 s/d 15 m karna akar sukun bisa mencapai panjang sampe 20m, Cara menanamnya  dengan membuat lubang tanam 75 x 75 x 75cm dan diberikan pupuk kandang  +- 10 kg dan pupuk NPK 100gram / pohon, tanamam sukun akan berbuah pada umur 3 - 4 tahun dan kenari 5 - 8 tahun setelah tanam. 

Adapun sukun memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, baik vitamin maupun mineral. Selain itu buah sukun juga nengandung beberapa zat fitokimia  penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama kandungan asam amino esensial, seperti methionin, isoleusin, lysine, vialin, histidine serta tryptophan. Kenari juga sangat bermanfaat bagi manusia, bisa utk bumbu dapur dan juga sebagai bahan obat kecantikan.

Berdasarkan hasil wawancara kami dari medya Faktaluputan dengan kepala desa Dava bpk Rasyid Belen SE, beliau mewakili seluruh masyarakatnya menyampaikan terima kasih banyak kepada bapak bapak dari MIND ID dan Antam,  pemerintah provinsi, pemda Buru, bpk Dandim 1506 Namle beserta jajarannya, ibu  camat Waelata beserta staf, pak Babinsa desa Dava dan juga para penyuluh Pertanian Waelata yang sudah bekerja keras sehingga terlaksananya bhaksos di desa kami dengan baik. Harapan kami semoga madyarakat dapat merawat kedua jenis pohon ini fengan baik sehingga dapat menikmati manfaatnya kelak, demikian imbuhnya
( Echak )

TerPopuler