Bangun Kerjasama Keamanan dan Perdamaian, Kasal Kunjungi AL Prancis

Nature

Bangun Kerjasama Keamanan dan Perdamaian, Kasal Kunjungi AL Prancis

Sabtu, 24 Juni 2023, Juni 24, 2023
Faktaliputan.com
Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 24 Juni 2023 ---- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Chief of French Navy Admiral Pierre Vandier bertempat di Hexagon Balard, Naval HQ, Paris, Perancis pada hari Jumat (23/06).
Pemimpin Angkatan Laut kedua negara ini mendiskusikan banyak hal terkait dengan peningkatan kerjasama kedepan terutama kerjasama dalam membangun stabilitas keamanan dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik. 

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak juga sepakat untuk meningkatkan kapasitas kerjasama dalam bentuk latihan-latihan antar unsur di laut. Selain itu TNI AL dan French Navy juga sepakat tetap menjaga sikap saling mendukung peran dan fungsi masing-masing dalam interaksi kegiatan-kegiatan multinasional seperti Indian Ocean Naval Symposium (IONS) dan Western Pacific Naval Symposium (WPNS) 

Pada rangkaian kegiatan kunjungan di Paris, Prancis, Kasal juga menghadiri event Paris Airshow, yang diikuti berbagai produsen alutsista, sensor dan senjata di dunia kedirgantaraan seperti MBDA, Leonardo, Airbus dan berbagai produsen besar lainnya. 

Pada kegiatan tersebut, Kasal berkesempatan untuk melaksanakan pertemuan bilateral dengan Direction Generale De Le’armement (DGA). Pada pertemuan tersebut Kasal membahas kemungkinan-kemungkinan untuk meningkatkan kerjasama serta bertukar pengetahuan mengenai persenjataan antara industri pertahanan Prancis dan industri pertahanan Indonesia, terutama untuk mendukung pertahanan laut. 

Kunjungan Kasal ke Prancis ini merupakan rangkaian kegiatan lawatan resminya ke luar negeri. Sebelumnya Kasal telah mengunjungi Turki untuk meningkatkan kerjasama antar Angkatan Laut serta berkesempatan mengunjungi industri pertahanan maritim Turki. 

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

TerPopuler