Rayakan HUT Cilacap ke-167, Ratusan Biker Ramaikan Lomba Sepeda Criterium

Nature

Rayakan HUT Cilacap ke-167, Ratusan Biker Ramaikan Lomba Sepeda Criterium

Sabtu, 11 Maret 2023, Maret 11, 2023

Faktaliputan.com//Cilacap-Meriahkan Hari Jadi Kota Cilacap, ratusan biker atau pesepeda dari Cilacap dan berbagai daerah di Indonesia meramaikan Lomba Balap Sepeda Criterium Cilacap Open 2023 pada Sabtu (11/3/2023). 

Di tengah arena, para peserta balap sepeda tampak bersaing untuk memperebutkan gelar juara. 

Ada sisi keunikan dari lomba yang digelar yakni looping atau memutari lintasan berulang kali seperti layaknya lomba balap mobil di sirkuit. 

Lintasannya sendiri menggunakan jalan raya di pusat kota sebagai sirkuit balap dan ditutup untuk lalu-lintas umum.

Ajang bergengsi tersebut sengaja digelar pemerintah kabupaten Cilacap melalui Disporapar setempat dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-167 Kabupaten Cilacap, bekerjasama dengan PT Sumber Segara Primadaya (S2P), PLTU Cilacap. 

"Balap Sepeda Criterium Cilacap Open dalam rangka memeriahkan HUT ke-167 Kabupaten Cilacap diikuti sekitar 400 peserta. Ada dari Cilacap, Kalimantan dan daerah lainnya di seluruh Indonesia," ucap Kun Agus Bondan, General Manager Unit 3 PT Sumber Segara Primadaya (S2P), PLTU Cilacap. 

Ia menambahkan, peserta yang meraih juara mendapat medali serta uang pembinaan dari panitia penyelenggara. Dan perlombaan tersebut tidak memperebutkan piala. 

"Harapannya dengan adanya kegiatan seperti ini, kita bisa memasyarakatkan olahraga, sehingga semuanya jadi sehat serta mendorong Kabupaten Cilacap menjadi maju dan berkembang," ujar Agus. 

Sementara itu, Kepala Bidang Keolahragaan Disporapar Kabupaten Cilacap, Paimin menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dari PT S2P Cilacap. 

Ia mengklaim, bahwa ini adalah even yang ditunggu-tunggu oleh biker atau pesepeda baik dari lokal Cilacap maupun nasional. 

Selain diikuti oleh orang dewasa, balap sepeda tersebut juga diikuti anak-anak dan remaja. Antusiasme mereka terlihat saat balapan berlangsung. 

Diketahui, untuk kategori anak-anak yaitu BMX Challenge Boy and Girl usia 7-10 tahun dan kategori RB Challenge Boy and Girl usia 11-14 tahun.

Adapun kategori remaja terdiri dari Women and Men Youth serta Men Junior. Dan kategori dewasa yaitu Master A/B/C Lokal Cilacap, Master A/B/C Open, Women Lokal, Women Open, serta Men Elite.

"Dengan adanya event ini, mudah-mudahan semakin meningkatkan motivasi, khususnya anak-anak dalam bersepeda dan meraih prestasi. Selain itu, dapat mengurangi kenakalan di tingkat remaja," tandas Paimin. (Tj.D)

TerPopuler