Untuk Pertama Kalinya Warga Israel Rayakan Hanukkah Di UEA

Nature

Untuk Pertama Kalinya Warga Israel Rayakan Hanukkah Di UEA

Selasa, 07 Desember 2021, Desember 07, 2021

Hari raya Hanukkah di Yerusalem (sumber : CNN)

faktaliputan.com,Jakarta -- Warga Israel merayakan hari Hanukkah mereka di Uni Emirat Arab untuk pertama kali. Warga UEA juga merayakan Hari Nasional mereka untuk pertama kali bersama Israel.

Malam pertama Hanukkah jatuh pada 28 November. Kala itu, Kepala Pusat Komunitas Yahudi Rabbi Levi Duchman, menyalakan lilin di paviliun Expo Dubai 2020 di Israel. Diplomat Israel Ilan Sztulman dan Komisioner Paviliun Expo, Elazar Cohen turut hadir dalam acara ini, dikutip dari Times of Israel.

"Sangat menyenangkan melihat bagaimana komunitas Yahudi kami di UEA terus berkembang. Kami terus bekerja tanpa lelah untuk memungkinkan semua orang Yahudi menjalani kehidupan Yahudi di sini, di UEA," kata Duchman.

Di malam esok harinya, puluhan warga UEA bergabung dengan Duchman, beberapa komunitas lokal Yahudi lain, dan warga lain untuk menyalakan Hanukkiah dan menandai Hari Nasional UEA ke-50 di Dubai.

Pada malam ketiga Hanukkah yang jatuh pada 30 November, para guru dan siswa dari Mini Miracles Jewish Nursery bergabung dengan Duchman untuk menyalakan lilin.

Sementara itu, Hari Nasional UEA dirayakan pada 2 dan 3 Desember. Masyarakat Israel juga ikut merayakan hari tersebut.

Pada malam keempat Hanukkah, Sumaiiah Al-Meheiri, mahasiswi UEA pertama yang belajar di Israel, bergabung dengan puluhan warga Israel di Herzliya untuk merayakan liburan dan Hari Nasional UEA.

"Hanukkah di UEA adalah delapan hari keajaiban. Mengingat komunitas Yahudi merayakan tiap malam (Hanukkah) di tempat yang berbeda dengan kebanggaan menjadi orang Yahudi dan tinggal di UEA. Kami bergabung dengan banyak warga UEA yang datang untuk merayakannya bersama kami," ucap Rabbi Elie Abadie, Rabi Senior Dewan Yahudi UEA.

Acara ini diselenggarakan oleh Sharaka, LSM yang didirikan setelah Kesepakatan Abraham lahir dan ditujukan untuk mempromosikan hubungan antar-manusia di antara Israel dan negara Arab lain yang memutuskan bermitra dengan Tel Aviv.

Kesepakatan Abraham yang terjalin ini mendorong munculnya kehidupan masyarakat Yahudi di UEA. Dahulu, masyarakat Yahudi di negara itu hidup di bawah radar.

Sejak perjanjian ini ditandatangani pada Agustus 2020, ribuan turis Israel telah berkunjung ke Dubai dan Abu Dhabi.

Festival Hanukkah, yang juga dikenal dengan Festival Cahaya merupakan festival Yahudi yang berlangsung selama delapan hari, dikutip dari Britannica.

Festival ini menegaskan kembali cita-cita Yudaisme dan memperingati secara khusus dedikasi kembali Kuil Kedua Yerusalem dengan menyalakan lilin pada setiap hari penyelenggaraan festival.(CNN)

TerPopuler