Demi Langit dan Bumi Enggak Ikhlas Saya Dipenjara,Dr Richard Lee Merasa Dizalimin

Nature

Demi Langit dan Bumi Enggak Ikhlas Saya Dipenjara,Dr Richard Lee Merasa Dizalimin

Rabu, 29 Desember 2021, Desember 29, 2021

 

 
faktaliputan.com - Dokter yang juga YouTuber, dr Richard Lee, ditangkap dan ditahan polisi pada Senin (27/12/2021) atas kasus ilegal akses yang polisi sebut berlangsung Agustus lalu. Richard membuat klarifikasi penangkapannya sebelum ditahan dan diunggah oleh admin di kanal YouTube dr. Richard Lee, MARS, Selasa (28/12/2021). 

g Informasi dan Transaksi Elektronik atau pasal 231 KUHP dan atau pasal 221 KUHP yang diketahui terjadi pada tanggal 6 Agustus, terkait dugaan tindak pidana mengakses sistem elektronik milik orang lain.

"Setahu saya itu Instagram saya sendiri. Memang disita oleh pihak kepolisian. Agak aneh menurut saya. Jadi pada bulan Juni, kalau nggak salah handphone saya, nomor saya, email saya, Instagram saya, disita oleh pihak kepolisian," tambah dia. 

Richard merasakan kejanggalan pada tuduhan yang diarahkan padanya.

"Handphone saya diambil, hak saya untuk berbicara, hak demokratis saya dicabut dari saya seperti itu saja. Aneh sih, seorang dokter memberikan saran, memberikan edukasi, terus medianya diambil seperti itu," ujarnya heran.

Dia kemudian menuturkan, tuduhan mengakses sistem elektronik atau menarik barang yang disita kepadanya salah alamat. Dia juga membantah menghapus konten di akun yang telah dikuasai polisi.


"Saya nggak pernah tarik, saya nggak pernah akses Instagram (yang disita) sekali pun," katanya lagi.

Richard mengaku niatnya membuat unggahan tentang kosmetik berbahaya, merupakan bentuk tanggung jawabnya sebagai seorang dokter yang harus mengedukasi masyarakat.

"Cuma mau bantu orang banyak, cuma mau edukasi orang banyak, aku tidak pernah mau menghancurkan orang lain. Kecuali memang orang itu jual krim abal-abal. Kalau dia ngancurin muka orang lain, wajar dong aku hancurin," ujar Richard.(gelora)


TerPopuler