Cegah HIV-AIDS, Dinkes Kabupayen Tulungagung Bakal Jalankan Program PREP

Nature

Cegah HIV-AIDS, Dinkes Kabupayen Tulungagung Bakal Jalankan Program PREP

Senin, 25 Maret 2024, Maret 25, 2024

Faktaliputan.com

Tulungagung - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melaksanakan program PREP (Pre Exposure Profilaksis) pada populasi kunci untuk pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) HIV-AIDS di 10 provinsi sebagai pilot project.

Untuk Jawa Timur, Kabupaten Tulungagung menjadi salah satu pilot project program baru tersebut, akan dimulai di Kota Gorontalo pada 2024 hingga 2026 di Kabupaten Gorontalo sesuai dengan road map program P2P HIV-AIDS Kemenkes RI.

Program PREP adalah salah satu langkah pencegahan yang bersifat komprehensif sehingga membutuhkan akses layanan yang terkoneksi dengan layanan lainnya, seperti layanan TB-HIV, PPIA, Layanan IMS, dan layanan-layanan terkait lainnya.


hal ini seperti yang disampaikan oleh Kabid P2P Dinas Kesehatan Tulungagung melalui Pengelola Program Candra Idawati.

“Untuk tahun ini, di program HIV kami ada program baru dan Tulungagung menjadi salah satu pilot project di Jawa Timur,” ucap Candra Idawati, Selasa (20/3/2024).

“Ada sebelas kabupaten/kota yang menjadi pilot project untuk program Profilaksis Pra-Pajanan,” imbuhnya.

Lanjut Candra Idawati program ini adalah upaya pencegahan agar yang belum terkena HIV tidak sampai tertular HIV ketika melakukan kegiatan yang beresiko.

“Jadi kalau kita bicara masalah Prapajanan adalah obat pencegahan, yang dimaksud kegiatan beresiko adalah yang kaitan erat dengan HIV, yaitu seksual beresiko, penggunaan narkoba suntik secara bersamaan, donor darah dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Program Profilaksis Pra-Pajanan ini mempunyai enam target populasi kunci sampai tahun 2026.

“Enam sasaran tersebut pekerja seks, waria, laki-laki seks dengan laki-laki, pengguna narkoba suntik, pasangan ODHA, dan warga penghuni lapas,” jelasnya.

Pihaknya berharap dengan program ini orang-orang yang negatif HIV berada di kelompok beresiko, tidak sampai terkena HIV meskipun orang tersebut terpapar dari aktivitas seksual yang beresiko.

Sementara itu, layanan PrEP di kabupaten Tulungagung dibuka 4 Puskesmas, yaitu Puskesmas Ngunut, Puskesmas Ngantru, Puskesmas Kauman dan Puskesmas Boyolangu.(Fr)

TerPopuler