Koperasi Produsen DAKU Terus Kembangkan Potensi Perikanan Dan Pertanian

Nature

Koperasi Produsen DAKU Terus Kembangkan Potensi Perikanan Dan Pertanian

Senin, 26 Februari 2024, Februari 26, 2024

CILACAP - FaktaLiputan.Com ll Potensi pengembangan perikanan terutama kolam ikan air tawar menjadi salah satu upaya meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan terutama wilayah Desa Madusari Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap. Upaya tersebut sudah dilakukan kelompok masyarakat yang tergabung dalam Koperasi Produsen DAKU (Duta Amanah Karya Usaha) yang terus mengembangkan potensi perikanan khususnya ikan air tawar.
Memelihara ikan air tawar sebenarnya sudah tradisi masyarakat Desa Madusari atau masyarakat lainnya, namun dalam budidayanya mereka masih mencampur jenis ikan yang beraneka ragam dalam satu kolam, sehingga hasil yang didapat tidak maksimal. Minggu, 25/02-2024
Ketua Koperasi Produsen DAKU Afud Syaifuddin menyampaikan selama ini dengan berlimpahnya sumberdaya air tawar perlu dioptimalkan untuk dijadikan salah satu basis keunggulan produk ikan air tawar, baik dari sisi kualitas dan kuantitas.

"Masyarakat Desa Kami dari dahulu hingga sekarang memelihara ikan di kolam umumnya digunakan apabila ikan dipanen ketika ada acara acara khusus seperti lebaran, hajatan ataupun syukuran dan acara pesta pernikahan. Namun ada juga petani yang mengkhususkan budidaya ikan air tawar untuk penopang ekonomi namun tidak difokuskan". Kata Afud

Afud menegaskan bahwa pasokan ikan air tawar ke beberapa pasar sebenarnya kurang dan memerlukan pasokan yang lebih besar lagi dan ini merupakan peluang bagi kita semua untuk bekerja dan meningkatkan perekonomian, ditambah lagi, beberapa komoditas ikan yang cocok diterapkan di kabupaten Cilacap dengan metode kolam tanah yakni Ikan Mas, Ikan Gurami dan Ikan Nila juga ikan lele karena tanah dan pasokan air juga cukup memenuhi kebutuhan kolam yang kini telah kita jalankan.

Masyarakat Desa kami tidak asing dengan kolam ikan, namun selama ini kendala utama adalah biaya yang sangat besar dalam pembuatan kolam tanah untuk pengelolaan lanjutan budidaya ikannya ujar Afud.

"Kalau kita serius menekuni suatu bidang kami yakin kedepannya akan semakin banyak orang yang berminat untuk budidaya ikan air tawar". Terangnya

Selain ikan Lele, Gurame dan Mujair, Koperasi Produsen kita pun sedang mengembangkan budidaya Belut yang kini sudah beberapa bulan dilaksanakan dan tinggal menunggu hasilnya.

Selain itu sektor pertanian sedang kita garap dan terus dikembangkan seperti menanam bawang merah, timun dan juga kebun Durian, semuanya telah dirintis agar dapat berkembang hingga menciptakan peluang usaha berbagai sektor bagi masyarakat pungkasnya.  (Wahyu)

TerPopuler