Nusantara Hukum Resmi Membuka Cabang di Makassar.

Nature

Nusantara Hukum Resmi Membuka Cabang di Makassar.

Rabu, 13 September 2023, September 13, 2023
Faktaliputan.com
Nusantara hukum yang merupakan Platform digital edukasi hukum yang telah berdiri sejak tahun 2021 ini telah berhasil mengadakan webinar dengan mengundang berbagai Narasumber dari berbagai kalangan profesional tentunya di bidang hukum. Platform Edukasi hukum yang diketuai oleh Dikri Ilham Husaini, S.H. ini berkomitmen untuk melebarkan sayap dan membangun generasi bangsa yang cerdas dan taat hukum. 

Setelah berhasil mendirikan cabang di berbagai kota seperti Aceh, Sumbar, Sumsel, Jateng, Jabar, DKI Jakarta, NTT dan Kalsel kini Nusantara hukum resmi membuka cabang Platform Edukasi hukum digital di Makassar yang mencakup wilayah Sulsel. Dikri berpendapat "sesuai dengan slogan Nusantara Hukum yaitu Unity and Harmony of diversty (kesatuan dan harmoni dalam keberagaman) maknanya keberagaman akan dipersatukan dalam suatu wadah edukasi hukum untuk membangun generasi muda yang berkualitas dan taat hukum.
Ada yang unik dari Cabang Nusantara hukum yang baru saja di buka pada tanggal 12 September 2023 ini, dimana kepala cabangnya adalah seorang Nahkoda Kapal. Dia adalah Capt. Arqam Bakri, M.Mar yang telah menyelesaikan pendidikan ANT  I (Ahli Nautika Tingkat I) nya atau Master Marine di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar itu juga adalah seorang Mahasiswa Hukum yang tengah menempuh proses untuk meraih gelar Sarjana Hukum di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA) Jakarta. 

Arqam berpendapat "Makassar adalah Kota pendidikan yang terbesar di Indonesia timur, maka diperlukan adanya wadah untuk membantu serta mengadakan webinar-webinar hukum yang berkualitas dengan Narasumber yang berkualitas pula". Selain itu Sulsel yang juga dikenal sebagai lumbungnya para pelaut-pelaut handal yang telah berkiprah di seluruh penjuru dunia juga membutuhkan pengetahuan/edukasi hukum yang mumpuni di bidang Pelayaran (Hukum Maritim).

Dengan dibukanya Nusantara Hukum cabang Sulsel, diharapkan akan mampu menjadi sarana untuk membantu masyarakat umum untuk mengenali mekanisme hukum yang ada di Indonesia serta mampu membangun kesadaran hukum agar pelanggaran-pelanggaran hukum yang ada di Sulsel dapat di minimalisir. Dan untuk Mahasiswa tentunya khususnya Mahasiswa hukum tentunya sangat membutuhkan pengetahuan tambahan mengenai Ilmu hukum serta sertifikat elektronik yang juga merupakan nilai tambah pada saat mengajukan Skripsi. 

Terkhusus untuk kalangan pelaut, karena kepala cabang Nusantara Hukum Sulsel juga adalah seorang pelaut, maka rutin akan diadakan webinar dengan tema-tema tentang UU pelayaran, Hukum laut Internasiol, serta hukum ketenaga kerjaan. Ketiga hal itu sangatlah penting bagi dunia pelayaran. Maka diharapkan dengan mengikuti webinar tersebut maka para pelaut akan mampu untuk memahami mekanisme hukum yang ada, agar tidak terjadi lagi kasus-kasus pelaut menjadi korban penipuan, pemutusan kontrak secara sepihak, ditahan saat sedang menjalankan tugas okeh oknum yang tidak bertanggung jawab dan masih banyak lagi.

Arqam" Marilah kita bersatu untuk membangun bangsa dan negara yang taat hukum serta memanusiakan para Pelaut dan TKI yang selama ini berjuang untuk mendapatkan devisa untuk Negara yang kita cintai Indonesia, terapkanlah asas Equality before the Law dengan sebenar-benarnya agar penerapan hukum itu tidak tajam kebawah tumpul keatas".

Faktaliputan

TerPopuler