Lomba Dayung Perahu Bidar Masih Menyemarakan Hari Kemerdekaan RI Ke 78 di Kecamatan Pedamaran digelar tanggal 27 Agustus

Nature

Lomba Dayung Perahu Bidar Masih Menyemarakan Hari Kemerdekaan RI Ke 78 di Kecamatan Pedamaran digelar tanggal 27 Agustus

Selasa, 22 Agustus 2023, Agustus 22, 2023

Pedamaran Faktaliputan.com
Masih suasana acara merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78.
Panitia pelaksana ( Panpel )  kegiatan acara Lomba Dayung Perahu, yang akan berlaga tanding  adu ketangkasan mendayung perahu ,akan digelar pada tanggal  27 Agustus 2023  diarus air  sungai Babatan  kecamatan pedamaran.
Nantinya bagi para pemenang lomba dayung perahu tersebut ,akan mendapatkan Hadiah yang sangat  pantastik ,sudah disiapkan panitia.

Tercatat saat ini,kesiapan perahu yang sudah didata masuk ke meja Panitia pelaksana ( Pampel )sebanyak lebih kurang 50 perahu,jenis Bidar, kesemuanya berasal dari warga masyarakat urang diri Pedamaran ,yang ikut berpartisipasi dalam merayakan HUT RI  ke78 di Kecamatan Pedamaran.

Selain dari itu,sebagai mana biasa dalam acara kegiatan lomba perahu dayung ini,dimulai star di desa Pedamaran V Tanjung nior,  kemudian pinisingnya di masjid suhada, desa Pedamaran satu.

Sementara itu Panitia pelaksana. Lomba acara dayung perahu   Rafi Popon Sutowo SP  mengatakan, kegiatan lomba ini ada  aturan tatacara dalam per lombaan yang ditentukan oleh panitia pelaksana (PAMPEL)

 dikatakannya ,lomba sistim gugur setelah selesai  bertanding yang kalah tidak bisa di ikutkan lagi untuk bertanding selanjutnya.

Kemudian ketentuan  Panjang perahu,maksimal 12 meter,dengan pendayung  12 orang termasuk tukang timbo.
 Lalu Ukuran perut perahu,meninal ,50 cm diukur dari lantai ruang timbo tengah tengah perahu

pendayung yang didaftar oleh perserta  paling banyak 15 0rang ,termasuk pendayung cadangan dan wajib merupkan  warga Kecamatan Pedamaran ,dibuktikan dengan Menyerahkan KTP.

Pendaftaran paling lambat Jam 09.30 Wib.

Hak sangga (protes)bagi peserta lomba hanya berhak kepada Legan,atau ketua tiem dayung.

Pasangan posisi star diundi dengan sistim koin.

Perahu yang dinyatakan menang pada saat  berlomba ditentukan oleh kepala perahu  yang menyentu garis pinis, bukan  moncong perahu atau papan  merek nama  merahu .

kemudian dilarang mengambil alur lawan sebelum mencapai satu julat perahu setelah melebihi lawan  lebih kurang 12 meter dari depan perahu lawan 

Keputusan Panitia adalah mutlak,dan tidak bisa di ganggu gugat. (Muksin)

TerPopuler